Sabtu, 09 November 2019

Tugas Softskill Desain Pemodelan Grafik - Perusahaan Yakult

ASPEK PEMASARAN


1. Profil Perusahaan Yakult

Yaklult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada (304. Pada (305, ia mendirikan Yakult Honsha Co.,Ltd untuk memasarkan minuman ini. Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteri Bifidobacterium breve, dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika. PT.Yakult merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990. Pabrik Yakult mulai berproduksi pada bulan Januari tahun 1991 dengan menggunakan dana Penanaman modal asing 100% dari Yakult Jepang. Awalnya pabrik Yakult berada di Jakarta, akan tetapi karena jumlah air bersih semakin sulit di Jakarta maka pabrik ini dipindahkan ke Sukabumi. Lokasi pabrik Yakult ini berada di Desa Pewawahan Cicurug Sukabumi, Jawa Barat, dengan luas tanah 54.444 m2 dan luas bangunan 12.925 m2. PT. Yakult Indonesia Persada adalah “Sebagai Pelopor Prebiotik minuman Yakult yang sehat yang membantu dalam menjaga usus”. Dengan misi tersebut tujuannya adalah dengan tetap memberikan komitmen kepada konsumen untuk tetap mempertahankan misi tersebut dengan mengintegrasikan semua aspek perusahaan.Motto Yakult Indonesia adalah “Cintai ususmu, minum Yakult tiap hari”. 


2. Segmentasi Produk

PT. Yakult Indonesia Persada hanya memproduksi satu jenis produk saja yaitu Yakult. Yakult sendiri dikemas di dalam sebuah botol plastik kecil dan dijual per bungkus isi 5 botol.Yakult adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi skimmed milk dan gula dengan bakteri Lactobacilluscasei. Karena L.casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Minuman yang mengandung bakteri yang bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat. Yakult dibuat dengan cara memfermentasi campuran susu bubuk skim dan glukosa menggunakan bakteri Lactobacillus casei Shirota strain, bakteri unggul hasil seleksi dan temuan Dr. Minoru Shirota yang diteruskan sampai saat ini oleh Yakult Central Institute for Microbiological Research.Yakult dibuat dari bahan-bahan:
1) Bakteri Lactobacillus casei Shirota strain hidup. 2) Susu bubuk skim. 3) Sukrosa dan glukosa. 4) Perisa. 5) Air. Yakult harus selalu disimpan pada suhu dibawah 10 °C karena pada kondisi tersebut bakteri Yakult tidak aktif sehingga kualitas Yakult dapat dipertahankan terjaga. Penyimpanan pada suhu diatas 10 °C akan mengakibatkan turunnya kualitas karena bakteri Yakult aktif, menghasilkan asam laktat yang menyebabkan Yakult menjadi asam dan jumlah bakteri hidupnya akan menurun.Yakult tidak memakai bahan pengawet. Yakult dapat bertahan sejak pembuatannya sampai dengan tanggal kadaluwarsanya karena : 1) Asam laktat yang dihasilkan secara alami selama proses fermentasi dapat memperpanjang umur simpannya. 2) Pembuatannya secara hygienis. 3) Penyimpanannya pada suhu dibawah 10 °C Yakult bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kita karena dapat membantu: 1) Mencegah gangguan pencernaan termasuk memudahkan buang air besar dan mencegah diare. 2) Meningkatkan kekebalan tubuh. 3) Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus. 4) Mengurangi racun dalam usus. 5) Membatasi jumlah bakteri yang merugikan.


3. Analisis Segmentation Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar. Terdapat 4 variabel dalam segmentasi pasar, yaitu: 1) Segmentasi Geografik: Membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografi seperti Negara, regional, Negara bagian, kota atau komplek perumahan. Produk Yakult lebih banyak di pasarkan di daerah kota besar yang berada di seluruh Indonesia. 2) Segmentasi Demografik: Membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variabel seperti umur, jenis kelamin, besar keluarga, siklus kehidupan keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras dan kebangsaan. Produk Yakult dapat di konsumsi oleh semua kalangan karena harganya terjangkau, baik wanita atau pria juga bisa mengkonsumsi minuman yakult dan dari segi usia untuk bayi dari usia 6 bulan sudah dapat mengkonsumsi yakult sebagai pendamping asih sampai yang sudah lanjut usia juga bisa mengkonsumsi yakult karena banyak manfaat yang terdapat dalam produk yakult berukuran 65ml ini. 3) Segmentasi Psikorafik: Membagi pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas social, gaya hidup atau kepribadian. Produk yakult mengelompokan pelanggan dengan mengsegmentasi konsumen yang ingin dapatkan gaya hidup sehat. 4) Segmentasi Perilaku: Mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan,sikap, penggunaan atau reaksi mereka terghadap suatu produk. Produk yakult ini memiliki banyak manfaat yang diperlukan oleh usus sehigga banyak pelanggan dengan reaksi yang jarang mengkonsumsi, suka mengkonsumsi dan teratur mengkonsumsi produk yakult.


4. Analisis Pesaing

Persaingan di pasar minuman kesehatan hasil fermentasi susu yang ketat membuat PT Ultra Prima Artaboga sebagai produsen Vitacharm harus mengubah strategi bisnisnya. Perusahaan ini mengubah logo dan kemasannya Dalam jangka panjang, perubahan wajah ini bertujuan untuk menggenjot penjualan. Tampaknya, mereka juga ingin mendobrak dominasi merek Yakult yang sudah lama memasuki pasar ini. Menurut Brand Manager VitaCharm Daniel Suryandi, tahun 2008 silam, pangsa pasar VitaCharm di Indonesia berada di urutan kedua setelah Yakult, yaitu sebesar 25%. selama ini, VitaCharm sangat bernafsu ingin menyalip penjualan Yakult. Ada beberapa strategi yang sudah meluncur. Antara lain mereka mengubah kandungan VitaCharm dengan multiprobiotik ABC di tahun 2007. Lalu, Vitacharm meluncurkan program 3 Days Challenge sejak pertengahan 2009 ini. Program ini bertujuan memberi kesempatan konsumen untuk mencoba produk VitaCharm dan memberikan testimoni tentang manfaat yang mereka rasakan. untuk lebih menegaskan manfaat kandungan multiprobiotik ABC dalam sebotol VitaCharm, PT Ultra Prima Artaboga akhirnya mengganti logo serta kemasannya.


5. Strategi Promosi

Sumber daya strategi mengacu pada serangkaian tindakan spesifik manajemen Sumber daya Manusia yang didorong oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Oleh karenanya salah satu tujuan strategi Perusahaan Yakult adalah untuk menjadi meraih profit dan benefit perusahaan dengan menjadi pelopor probiotik minuman sehat untuk keluarga dengan mengoptimumkan untuk pemeliharaan usus, melalui tenaga kerja dan karyawan yang memiliki komitmen terhadap perusahaan dan lingkungan. Termasuk didalamnya adalah penggunaan berbagai metode untuk membangun komunikasi 2 arah, baik itu melalui line telepon maupun internet dan media komunikasi lainnya. Selain itu menyaring karyawan dan manajer potensial yang memiliki nilai yang tidak berorientasi pada orang; memberikan jaminan untuk perlakuan yang paling adil dan keamanan bagi semua karyawan; memanfatkan berbagai promosi dari dalam berbagai aktivitas untuk memberikan karyawan setiap kesempatan untuk menyadari sepenuhnya potensi mereka. Manajemen Sumber daya manusia Strategi berarti memformulasikan dan melaksanakan sistem SDM, kebijakan dan aktivitas, yang menghasilkan kompetensi dan prilaku karyawan yang dibutuhkan untuk meraih tujuan strategi PT Yakult Indonesia Persada. Akhirnya, semua aspek Perusahaan PT Yakult Indonesia Persada bernaung di bawah payung Sumber Daya Manusia, sehingga Perspektif Manajemen Sumberdaya Manusia Strategi pun memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun perusahaan ini agar bisa tetap berdiri dengan motto “Cintai Ususmu, Minum Yakult tiap hari” yang berorientasi utama adalah profit dan benefit.


6. Media Promosi Berbasis TI

Yakult Mengiklankan produknya menggunakan media elektronik seperti TV dan radio, Media cetak seperti majalah dan koran, serta internet dengan situs resminya yaitu www.yakult.co.id , serta melalui berbagai media sosial seperti facebook, twitter, dan kaskus. Namun, tentu saja masyarakat paling mengingat produk yakult berkat iklannya di TV. Yakult mempunyai tagline, “Cintai Ususmu Minum Yakut Tiap Hari”. Ketika masyarakat mendengar tagline ini di TV, tagline tersebut langsung memberikan masyarakat pesan dan kesan jika meminum yakult setiap hari akan membuat usus kita sehat dan membuat yakult menjadi produk yang wajib dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari. Yakult memiih tagline ini tentu saja sangat berarti. Cintai usus adalah cara baru untuk peduli terhadap diri sendiri. Usus adalah organ tubuh yang penting agar tubuh menjadi bugar, kuat, dan segar. Jika usus kita baik maka kitapun bisa hidup dengan baik pula.


Sumber: http://desianalatief.blogspot.com/2017/09/analisis-sigmentasi-targeting-dan.html

Rabu, 18 April 2018

Institusi Pengelolaan Web

Pengelola Web dikembangkan oleh beberapa institusi, lembaga atau organisasi yang sangat berpengaruh bagi perkembangan internet dan web di dunia. berikut ini adalah bahasan singkat mengenai Pengelola Web di dunia dan di Indonesia.


  • Institusi Pengelolaan Web Di Dunia dan Di Indonesia

1. Wolrd Wide Web Consortium (W3C)

Awalnya dibentuk dari Laboratorium Ilmu Komputer MIT oleh Tim Berners-Lee an Al-Vezza.W3C saat ini bertangggungjawab terhadap perkembangan dari berbagai protokol dan standar yang terkait dengan Web. Seperti misalnya standarisasi HTML, XML, XHTML dan CSS diatur oleh W3C. Saat ini W3C masih dipimpin oleh Berners-Lee. 
Website W3C dapat diakses pada URL:  http://www.w3c.org

Misi dari W3C bertujuan untuk mendorong semua potensi penuh dari dunia web yang bisa dikembangkan dengan menyediakan protokol-protokol dan panduan-panduan untuk menjamin pertumbuhan jangka panjang dari web itu sendiri.


2. Internet Engineering Task Force (IETF)

Merupakan badan yang bertanggung jawab terhadap masalah teknis dari perkembangan teknologi internet.IETF bertugas mengkaji berbagai teknologi terkait untuk kemudian distandarkan menjadi sebuah request for comment (RFC). IETF fokus pada evolusi dari internet dan menjamin proses tersebut berjalan dengan smooth.



3. Internet Architecture Board (IAB)

IAB bertanggung jawab dalam  mendefiniskan backbone internet.


4. ICANN

(Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) merupakan organisasi nirlaba yang didirikan untuk bertanggungjawab dalam alokasi ruang alamat IP, pemberian parameter protokol, manajemen sistem nama domain, dan manajemen sistem root server yang sebelumnya dikerjakan oleh Pemerintah Amerika. ICANN didirkan pada bulan Oktober 1998 oleh koalisi yang terdiri dari beragam komunitas bisnis Internet, akademisi, dan pengguna. Website ICANN dapat diakses pada URL: http://www.icann.org.


5. The Internet Assigned Authority (IANA) & Internet Network Information Center (InterNIC).


Kelompok ini bertanggung jawab terhadap alokasi alamat IP  dan nama domain.



6. APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia)


7. PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia)



Dua nama tersebut merupakan institusi yang mengatur pengelolaan internet untuk wilayah Indonesia. Mereka adalah APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) dan PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia)



  • Pemerintahan: Hukum Privasi, Hukum Hak Cipta


1. Hukum Privasi

merupakan hak pemegang hak cipta yang membatasi penggandaan tidak sah atau suatu ciptaan yang hak tersebut terbatas dan secara privasi/pribadi hanya pada suatu lingkup tertentu serta biasanya menitikberatkan pada kepentingan perseorangan.


3. Hukum Hak Cipta



(lambang internasional: ©, Unicode: U+00A9) merupakan hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil ide gagasan atau informasi tertentu. Hak cipta merupakan "hak untuk menyalin suatu ciptaan". Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan. Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas.
Konsep hak cipta Indonesia merupakan terjemahan dari konsep copyright dalam bahasa Inggris artinya "hak salin". Copyright ini diciptakan sejalan dengan penemuan mesin cetak. Sebelum penemuan mesin ini oleh Johannes Gutenberg, proses untuk membuat salinan dari sebuah karya tulisan memerlukan tenaga dan biaya yang hampir sama dengan proses pembuatan karya aslinya. Sehingga, kemungkinan besar para penerbitlah, bukan para pengarang, yang pertama kali meminta perlindungan hukumterhadap karya cetak yang dapat disalin.
Di Indonesia, masalah hak cipta diatur dalam Undang-undang Hak Cipta, yaitu Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002. Dalam undang-undang tersebut, pengertian hak cipta adalah “hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku” (pasal 1 butir 1).



Aspek Hukum dan Etika
Setiap aktvitas yang Manusia lakukan, selalu di batasi oleh hak dan kewajiban, salah satu contoh bentuk hak manusia adalah kreativitas yang tidak terbatas. Namun dari range yang tidak terbatas itu akan menimbulkan sebuah problem apabila kebebasan tersebut tidak dibatasi oleh Kewajiban dari individu tersebut.


Selain kewajiban,hak manusia dibatasi oleh peraturan, tata tertib dan perundang-undangan, hal tersebut dilakukan dengan maksud agar manusia dapat menghormati sesama dan menghargai kesamaan hak dan kewajiban serta mengetahui batasan – batasan dari hak tersebut.

Undang-undang Hak Cipta dan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

Undang-undang hak cipta mengacu pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2002 : “Seseorang atau lembaga yang mendaftarkan hasil karyanya kepada lembaga yang berwenang akan mendapatkan perlindunga hukum”.

Dalam Undang-undang RI No 19 tahun 2002 tersebut dijelaskan bahwa: Hak cipta, Pencipta,  Ciptaan,  Pemegang hak cipta,  Pengumuman,  Perbanyakan,Program komputer , dan Lisensi.

Tindakan penggunaan teknologi informasi yang bertentangan dengan moral dan undang-undang yang berlaku dan banyak dibicarakan saat ini, antara lain:

1. Hacking atau cracking

Tindakan pembobolan data rahasia suatu institusi, membeli barang lewat internet dengan menggunakan nomor kartu kredit orang lain tanpa izin (carding) merupakan contoh-contoh dari tindakan hacking. Orang yang melakukan hacking disebut hacker. Begitu pula dengan membuka kode program tertentu atau membuat suatu proses agar beberapa tahap yang harus dilakukan menjadi terlewatkan (contoh: cracking serial number) apabila dilakukan tanpa izin juga merupakan tindakan yang menyalahi hukum.

2. Pembajakan

Mengutip atau menduplikasi suatu produk, misalkan program komputer, kemudian menggunakan dan menyebarkan tanpa izin atau lisensi dari pemegang hak cipta merupakan dalam posisi lemah akan dikenai sanksi dan konsekuensi sesuai hukum yang berlaku.

3.  Browsing situs-situs yang tidak sesuai dengan moral dan etika 

Membuka situs dewasa bagi orang yang belum layak merupakan tindakan yang tidak sesuai dengan norma dan etika. Teknologi internet yang dapat memberikan informasi tanpa batas akan mengakibatkan tindakan yang beragam, mulai dari tindakan-tindakan positif sampai negatif. Orang yang tahu akan manfaat internet dan memanfaatkan secara positif akan mendapatkan hasil yang positif pula, dan begitu juga sebaliknya




Sumber: http://michaelsurya11.blogspot.co.id/2016/04/pengelolaan-web.html
http://cintyafebi.blogspot.co.id/2015/04/institusi-pengelola-web.html

Rabu, 21 Maret 2018

Pengertian Web Science, Sejarah, Arsitektur Web dan Aplikasi Web Science


Definisi Web Science
Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah website, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Web Science juga mempelajari hubungan antara manusia dan teknologi, bahwa masyarakat dan teknologi mempunyai keterkaitan satu sama lain.

Di dalam Web Science, kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Web Science Institute menjelaskan bahwa Web Science adalah fokus kekuatan analitis peneliti dari disiplin ilmu yang beragam seperti matematika, sosiologi, ekonomi, psikologi, hukum dan ilmu komputer untuk memahami dan menjelaskan tentang Web.



Arsitektur Web
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web.
UDDI (Universal Description Discovery and Integration ) Adalah semacam direktori global untuk mengelola web services. Fungsinya mirip dengan Yellow Pages untuk versi web services. UDDI berisi informasi tentang penawaran atau layanan apa yang ditawarkan perusahaan berikut dengan detil teknis bagaimana cara mengaksesnya. Inforamsi tersebut ditulis dalam bentuk file-file WSDL.

Metodologi Web Science
          Web Science merupakan sebuah ilmu, maka pada dasarnya Web Science harus memiliki metodologi yang akan digunakan dalam proses pengembangan ilmu tersebut. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi. Dalam pengembangannya, Web Science menggunakan berbagai metodologi, seperti:
Metodologi Pemetaan (Mapping) dan Graph
Pada metode ini, struktur Web dengan sampling merupakan kunci utamanya.

Metodologi model analisis
Metode ini mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas.



WEB DAN SEJARAH WEB

Definisi Web
Web atau Website merupakan suatu halaman informasi, baik berupa teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya yang disediakan melalui jalur Internet, sehingga web dapat diakses di mana saja selama Web tersebut terhubung atau terkoneksi dengan jaringan Internet.



Sejarah Web
Pre Web
Pre-Web adalah era dimana prototype seperti memex, usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi Internet. Internet sendiri adalah tempat dimana Web muncul pertama kalinya ke publik sampai saat ini.

The Memex
The Memex adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang dikembangkan oleh Vannevar Bush pada tahun 1945. Bush membayangkan Memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi. Konsep Memex mempengaruhi perkembangan awal sistem Hypertext.

HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman Web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah Web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Internet
Internet (interconnection-networking) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Usenet
Usenet atau User Network, merupakan salah satu jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan dikembangkan  pada Duke University dan North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang terhubung pada jaringan).

FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.



Web 1.0, 2.0, dan 3.0

Web 1.0
Web 1.0 merupakan teknologi Web generasi pertama. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.

Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0. adalah:
Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk menampilkan (read only).
Halaman masih didesain sebagai html murni, yang hanya memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi.
Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak ada interaksi yang intens.
Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail, sehingga komunikasi bersifat satu arah.
Contoh dari jenis web ini, biasanya masih bersifat HTML dan hanya berisi tentang tulisan pribadi.



Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Web 2.0 ini memperkaya sifat dari read only menjadi read write.

Prinsip-prinsip Web 2.0 yaitu:

Web sebagai platform.
Data sebagai pengendali utama.
Efek jaringan diciptakan oleh arsitektur partisipasi.
Inovasi dalam perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan “open source”)
Model bisnis yang ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
Akhir dari sikllus peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)
Mudah untuk digunakan dan diadopsi oleh user
Contoh dari jenis web ini,seperti Wikipedia, Blog, Friendster. Yang sudah mulai mengenal dengan web interaktif social network.



Web 3.0
          Definisi untuk Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan. Sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand.

Teknologi Web generasi ketiga yang pertama kali diperkenalkan tahun 2001 ini memiliki ciri-ciri umum seperti suggest, happen dan provide, dimana disini web seolah-olah sudah seperti kehidupan di alam nyata.



Web 3.0 atau Web Semantik sendiri juga merupakan sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (artificial intelegence) untuk menciptakan global meta data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik. Artinya, bahasa yang digunakan tidak lagi bersifat teknis tapi sudah seperti bahasa dalam percakapan sehari-hari, sehingga dapat mempermudah interaksi dengan komputer.

Saat ini adaptasi Web 3.0 mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia seperti secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community.



Pertumbuhan Sosial Dan Ekonomi

Perkembangan Web yang semakin pesat tentunya memberi manfaat dalam pertumbuhan social dan ekonomi di masyarakat. Manfaat tersebut antara lain, yaitu:

Sumber informasi
Dengan adanya Web, kita semakin mudah dalam mencari suatu informasi atau data. Informasi yang kita butuhkan menjadi lebih terstruktur dengan adanya Web dalam berbagai bidang, sesuai dengan informasi yang kita butuhkan.

Sebagai sarana komunikasi
Dengan kemajuan Web saat ini, memungkinkan adanya komunikasi antara pembaca dan admin dari Web tersebut, bahkan komunikasi antara pembaca dengan pembaca lain.

Kemudahan dalam berbisnis
Web juga sangat membantu dalam bidang bisnis dan perdagangan. Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena proses tersebut dapat di lakukan melalui Web. Selain itu, desain Web yang baik juga tentunya akan menarik perhatian calon pembeli.

Sebagai sarana pendidikan
Saat ini, sudah banyak Website dalam bidang pendidikan yang sangat memudahkan user dalam belajar. Web dapat berisi materi pelajaran, contoh soal, latihan soal, serta tanya jawab seputar materi pelajaran. Hal tersebut sangat memudahkan masyarakat, khususnya siswa/mahasiswa dalam belajar.

Namun, ada pula pengaruh negatif dari perkembangan Web. Contohnya yaitu, berkembangnya Web untuk penipuan, Web bersifat pornografi dan kekerasan, serta Web lainnya yang dibangun untuk melakukan tindak kejahatan. Dengan demikian, user harus lebih cermat dalam mengakses Web. Sehingga, pengguna dapat mendapatkan manfaat yang positif, dan dapat menghindari dampak negatifnya.

Sumber:
https://zakyafdika.wordpress.com/2014/04/01/definisi-web-science/
https://rianitagiovanni.wordpress.com/2016/03/20/definisi-dan-sejarah-web-science/
https://djuneardy.blogspot.co.id/2015/04/definisi-web-science-sejarah-web.html

Jumat, 17 November 2017

Soal dan penjelasan matematika informatika Logika Pembuktian

TUGAS MATEMATIKA INFORMATIKA 3
SOAL DAN PEMBAHASAN
LOGIKA PEMBUKTIAN

KELOMPOK 3:
AINUR RIDWAN 50416423
ANWAR SADAT 50416977
FIGA RIZFA ZAZILA 52416819
KHAIRA YUHARIFALLAH 53416884
MUCHAMMAD RIVARI 54416535
M. ALIF MUSDIAR 54416701
M. FIKRY M 54416858
RISKY SAPUTRA 56416495
WISNUNDARI DYAH A. L. 57416700

KELAS:
2IA14

1. Manakah yang termasuk ke dalam teori asosiatif…?
a. A . ( B + C ) = A . B + A . C
b. ( A . B ) . C = A . ( B . C )
c. A . B = B . A
d. A + ( B . C ) = ( A + B ) . ( A + C )
e. A . A = A

Jawaban:    b. ( A . B ) . C = A . ( B . C )
Penjelasan:
Hukum asosiatif artinya kita bisa saja mengelompokkan operasi bilangan dengan urutan berbeda.
2. Penyelesaian dari 3x + 4y = 7 dan 6x + 8y = 21 dengan metode eliminasi adalah…
a. 7 = 2
b. 1 = 7
c. 0 = 7
d. 7 = 1
e. 2 = 7
Jawaban:         c. 0 = 7
Penjelasan:
                        Persamaan 1 kalikan 2
                                    6x + 8y = 21
                                    6x + 8y = 14
                                              0 = 7;

3. Terdapat implikasi : Jika 15 habis dibagi 3, maka 15 adalah bilangan ganjil. kemudian 15 habis dibagi 3. Kesimpulannya adalah...
a. 15 habis dibagi 3
b. 15 adalah bilangan ganjil
c. 3 adalah bilangan ganjil
d. 3 habis dibagi 3
e. tidak ada jawaban yang benar

Jawaban : b. 15 adalah bilangan ganjil

Penjelasan:
Jika 15 habis dibagi 3, maka 15 adalah bilangan ganjil         (p → q)
15 habis dibagi 3                                                                    (p        )
∴   15 adalah bilangan ganjil                                                 (         q)

4. Pernyataan berikut yang sesuai dengan metode pembuktian kontradiksi adalah…
a. Membuat pemisalan jika p maka q adalah benar
b. Jika ~q benar maka ~p juga harus benar
c. Jika p benar maka q benar
d. Suatu pembuktian untuk pernyataan yang memuat bilangan asli
e. Tidak ada jawaban yang benar

Jawaban :  a. Membuat Permisalan jika p maka q adalah benar
Penjelasannya:
Kontradiksi ialah dua hal dimana kedua hal tersebut tidak boleh sama sama benar dalam waktu yang sama. Jadi, kita buat pemisalan jika p salah , q benar. Jika kita buat ke dalam operasi logika p maka q (p → q) maka hasil yang didapat adalah benar.

5. Misalkan p(n) benar untuk semua bilangan positif n ≥ 1  untuk bilangan 2 + 4 + 6 + ... + 2n = n (n + 1). Apakah p(n +1) bernilai benar…?
a. Benar
b. Salah
c. a dan b benar
d. a dan b salah
e. tidak ada jawaban yang benar

Jawaban:    a. Benar

Penjelasan:
                        Buktikan bahwa p(n +1) benar, maka:
                        n = n + 1
                        2 + 4 + 6 + ... + 2n = n (n + 1)
                        2 + 4 + 6 + ... + 2n + 2 (n +1) = n + 1 (n + 1 + 1)
                                                  2n + 2n + 2   = (n + 1) (n + 2)
                                                  2n + 2n + 2   = n (n + 1) + 2n + 2
                                                                        = n2 + n + 2n + 2
                                                                        = n2 + 3n + 2
                                                                        = (n + 1) (n + 2)     Terbukti Benar.

6. Apakah N3 + 2n adalah kelipatan 3 berlaku untuk n = 1? dan apakah berlaku kelipatan 3 untuk setiap bilangan bulat postitif n (menggunakan induksi matematika)…?
a. ya dan ya
b. ya dan tidak
c. tidak dan bisa jadi
d. tidak dan tidak
e. tidak ada jawaban yang benar

Jawaban : a. Ya dan ya
Penjelasan:
q Basis untuk n = 1 akan diperoleh :
               13 + 2(1) = 3 yang merupakan kelipatan 3 (ya, berlaku n = 1)
q induksi (misalkan) untuk n = k asumsikan menjadi k3 + 2k = 3x
q adib untuk n = k + 1 berlaku :
               (k + 1)3 + 2(k + 1) adalah kelipatan 3
               (k3 + 3k2 + 3k+1) + 2k + 2
               (k3 + 2k) + (3k2 + 3k + 3)
               (k3 + 2k) + 3 (k2 + k + 1)
               induksi
               3x + 3 (k2 + k + 1)
               3 (x + k2 + k + 1)
Kesimpulan : N3 + 2n adalah kelipatan 3 untuk setiap bilangan bulat positif n (ya, berlaku kelipatan 3).

7. Jika  2 + 4 + 6 + .... + 2n=n(n+1), apakah terbukti benar jika n = 1…
a. benar
b. salah
c. a dan b benar
d. a dan b salah
e. tidak ada jawaban yang benar

Jawaban: a. benar
Penjelasan:
                        n = 1, maka 2 = 1(1 +1)
                                                = 1 . 2
                                                = 2  maka terbukti benar untuk n = 1

8. Dibawah ini pernyataan yang benar tentang metode pembuktian langsung adalah ...
a. 3 adalah bilangan ganjil sebab terdapat 2
b. 4 adalah bilangan genap sebab terdapat 1
c. 5 adalah bilangan ganjil sebab terdapat 2
d. a, b, dan c benar
e. tidak ada jawaban yang benar

Jawaban : c. 5 adalah bilangan ganjil sebab terdapat 2
Penjelasan:
Suatu bilangan bulat n disebut bilangan GANJIL jika terdapat suatu bilangan bulat k, sehingga
n = 2k + 1.
5 = 2(2) + 1
5 = 4 + 1
5 = 5

9. Jika diketahui m, n adalah kuadrat sempurna, maka terbuktik bahwa mn adalah ...
a. bukan kuadrat sempurna
b. kuadrat sempurna
c. konstanta
d. a dan c benar
e. tidak ada jawaban yang benar

Jawaban : b. kuadrat sempurna
Penjelasan:
Misalkan m, n adalah kuadrat sempurna, artinya
m = k2, n = p2 untuk suatu k, p bilangan bulat.
mn = (k2)(p2)
      = (kp)2
Karena k, p

10. Jika diketahui n adalah ganjil, maka buktikanlah apakah n2 adalah ganjil…?
a. Semua jawaban salah
b. Semua jawaban benar
c. Ganjil
d. Genap
e. Ganjil dan Genap

Jawaban:  c. Ganjil
Penjelasan:
Diketahui n adalah ganjil, artinya terdapat suatu bilangan bulat k sehingga n = 2k + 1. Akan ditunjukkan bahwa n2 adalah ganjil.
n2 = (2k + 1)2
     = 4k2 + 4k + 1
     = 2(2k2 + 2k) + 1
Perhatikan bahwa n2 = 2(2k2 + 2k) + 1.
Karena k adalah bilangan bulat, maka (2k2 + 2k) juga pasti bilangan bulat, sehingga n2adalah ganjil.

Rabu, 11 Oktober 2017

PERBANDINGAN SOSIAL MEDIA WHATSAPP DAN LINE



PERBANDINGAN SOSIAL MEDIA
WHATSAPP DAN LINE

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui topik-topik yang sedang ramai di media sosial. Penelitian dilakukan dengan cara membandingkan dua media sosial yaitu WhatsApp dan Line. Perbandingan dilakukan dengan cara mengamati berita atau topik di kedua media sosial ini dalam jangka waktu tertentu. Dikarenakan isi sebuah media sosial dari setiap orang berbeda maka pengambilan data untuk perbandingan ini dilakukan dengan mengamati dari beberapa sumber yang berbeda.


   A.      PENDAHULUAN
Pada era globalisasi perkembangan teknologi informasi sangat pesat, hal ini menyebabkan cepatnya penyebaran informasi. Dalam penyebaran informasi digunakan beberapa media salah satunya adalah media social.
Media social memiliki banyak macam, ada yang digunakan untuk saling bertukar informasi ada juga yang digunakan untuk kepentingan bisnis. Penulis memilih media social whatsapp dan line karena dua media social ini paling banyak digunakan oleh masyarakat khususnya diIndonesia.
Perbandingan ini dilakukan dengan membandingkan topik atau berita yang sedang ramai dibahas pada media sosial tersebut serta fitur-fitur pada masing-masing social media.

   B.      PERBANDINGAN
Perbandingan ini dilakukan selama seminggu dari tanggal 3 Oktober 2017 hingga tanggal 10 Oktober 2017.  Dengan hasil sebagai berikut :
1.       Pada media Line terdapat fitur bot yg sekarang sedang banyak di akses di beberapa grup.
2.       Pada media WhatsApp terdapat fitur story, dimana kita bisa menshare kegiatan apa yang kita lakukan pada saat itu dalam bentuk gambar/video.
3.       Pada media Line terdapat fitur timeline diamana kita bisa mendapat informasi dengan lebih cepat. Biasanya pada timeline Line, Line memberikan berita memlalui Line Today.
4.       Pada media WhatsApp banyak terdapat informasi yang dishare melalui grup, informasi yg disampaikan biasanya berkaitan dengan grup tersebut, misalkan pada grup WhatsApp lingkungan masyarakat, kita mendapatkan informasi atau kegiatan yg ada dilingkungan sekitar rumah kita.
5.       Pada Line terdapat Official Accounts(OA) yang dapat kita ikuti dan biasa digunakan untuk promosi dan bisnis.

   C.      KESIMPULAN
Dari penelitian diatas kita dapat menyimpulkan topik atau berita dan fitur dalam masing-masing media social memiliki kelebihan tersendiri. Pada Media Line topik atau berita yang kita dapat tergantung dari apa yang kita ikuti. Dan Pada media WhatsApp informasi yang kita dapat berasal dari lingkungan sekitar.